by

Posko Ops Puri Agung 2022 Tetap Kedepankan Cara Humanis, Walaupun Intesitas Pengamanan di Pelabuhan Lembar Meningkat

Lombok Barat, NTB – Personel Polres Lombok Barat, dan Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar yang tergabung dalam Posko Ops Puri Agung 2022, bersama personel Kodim 1606/Mataram, beserta otoritas Pelabuhan Lembar, melaksanakan kegiatan Pengamanan dalam rangka KTT G20 di Bali.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman, S.Trk mengatakan sesuai dengan arahan Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK., dalam mengoptimalkan pengamanan.

“Meliputi kegiatan Preemtif, Preventif, serta refresif atau penegakan hukum bila menemukan pelanggaran hukum dalam kegiatan pengamanan ini,” ungkapnya, Selasa (8/11/2022).

Kapolsek mengakui memang terjadi peningkatan intesitas dalam pengamanan di Wilayahnya, namun mengaskan bahwa pihaknya tetap mengedepankan cara humanis dalam pelaksanaannya.

“Agar Situasi Kamtibmas tetap kondusif, namun masyarakat pengguna Jasa penyeberangan tetap merasa aman dan nyaman,” ungkapnya.

Adapun kegiatan pengamanan meliputi pemeriksaan di pintu masuk atau toll gate, patroli diatas kapal, serta pemeriksaan saat aktifitas bongkaran Kapal.

“Kegiatan meliputi pemeriksaan pada Toll Gate Pelabuhan Lembar, pemeriksaan surat-surat kendaraan. Kemudian juga menyasar kepada barang bawaan maupun muatan kendaraan, antisipasi keluar masuknya barang berbahaya dan terlarang lainnya,” jelasnya.

Selain itu juga mengingatkan untuk mewaspadai dengan adanya varian baru covid-19, sehingga melakukan melaksanakan pemeriksan protokol Covid – 19. Sesuai dengan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi.

Kegiatan ini juga berlaku di pintu masuk dermaga, melakukan pemeriksaan kepada seluruh penumpang, baik pejalan kaki dan pengendara kendaraan bermotor.

“Kemudian juga melakukan kegiatan serupa saat aktifitas bongkaran Kapal yang bersandar di Pelabuhan, sasarannya dan cara bertindaknya sama,” imbuhnya.

Kemudian untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada Masyarakat pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan lembar, pihaknya juga mengintensifkan kegiatan patroli diatas kapal.

“Selain kegiatan patroli sekaligus melakukan pemeriksaan bila menemukan hal-hal yang mencurigakan diatas kapal,” pungkasnya.

Menurutnya, walaupun terjadi peningkatan intensitas pengamanan, juga tetap memberikan pelayanan terbaik kepada Masyarakat.

“Sehingga menekankan kepada anggota, untuk tetap mengedepankan cara persusif humanis, untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas. Serta untuk mensukseskan KTT G20 di Bali, dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.