by

TNI-Polri Lakukan Pengamanan di Pelabuhan Lembar, Cipkon Pra Ops Mandalika III 2022

Lombok Barat, NTB – Personel Kepolisian dari Polres Lombok Barat, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar dan Personel Kodim 1606/Mataram, melakukan kegiatan imbangan Pra Ops Mandalika III 2022 di Pelabuhan Lembar, Kamis (3/11/2022).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Iptu Irvan Surahman S.Trk mengatakan kegiatan imbangan melalui Cipta Kondisi (Cipkon), dengan memperketat pengamanan di Pelabuhan Lembar.

“Melakukan pemeriksaan kendaraan keluar dari bongkaran kapal,  atau yang akan masuk ke pulau Lombok,” ungkapnya, Jumat (4/11/2022).

Kegiatan Cipkon ini bertempat di pelabuhan PT ASDP Lembar, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

“Pelibatan personel dalam Kegiatan Imbangan tersebut ada dari Personel Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, kemudian personel polres lobar, bersama personel Kodim 1606/Mataram,” jelasnya.

Salah satunya saat aktifitas bongkaran KMP. Sindu Dwitama saat bersandar di Dermaga I Pelabuhan PT ASDP Lembar.

“Cara bertindaknya melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan penumpang yang turun dari atas kapal. Sasarannya identitas diri dari pengguna jasa, kemudian juga pemeriksaan surat-surat kendaraan. Lalu melaksanakan pemeriksaan barang muatan kendraan, serta Melaksanakan pemeriksan protokol Covid – 19,” bebernya.

Terkait pemeriksaan Covid-19 sesuai dengan ketentuan perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi.

“Sedangkan untuk pemeriksaan barang muatan, sasarannya barang-barang berbahaya serta barang terlarang lainnya, seperti senjata api, senjata tajam, bahan peledak serta lainnya,” pungkasnya.

Hasilnya semua Pelaku Perjalanan dalam negeri (PPDN), baik pengguna Roda Dua dan roda empat semua dilengkapi dengan Surat kendaraan (SIM dan STNK). Demikian juga dengan Surat Keterangan Sertifikat Vaksin lengkap.

Apapun manivest dari KMP. Sindu Dwitama anatara lain Truk Besar (TB) sebanyak 5 unit, Truk Sedang (TS) sebanyak 12 Unit. Kemudian Kendaraan Kecil (KK)sebanyak 4 Unit, Truk Mini (TM) sebanyak 4 Unit, Sepeda motor sebanyak 10 Unit dan Pejalan Kaki sebanyak 9 Orang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.