by

Terus Berbenah, Pengamanan WSBK 2022 di Lombok Barat Menurut dari Pengalaman Sebelumnya

Lombok Barat, NTB – Polres Lombok Barat terus berbenah dan mengevaluasi dalam pengamanan gelaran World Superbike (WSBK) 2022, berdasarkan pengalaman Pengamanan sebelumnya, Selasa (1/11/2022).

Kapolres Lombok Barat AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK mengatakan, pembenahan dalam pola pengamanan berdasarkan pengalaman pengamanan baik MotoGP maupun WSBK pada tahun yang lalu.

“Dalam hal pengamanan baik di Pelabuhan, kemudian pengamanan rute atau jalur penonton. Terutama di Giri Menang Square (GMS), maupun jalur-jalur sepanjang Pelabuhan Lembar, menuju ke Wilayah Lombok Tengah,” ungkapnya.

Terkait dengan pelaksanaan pengamanan, Kapolres Lobar menegaskan bahwa mengacu kepada pola pengamanan WSBK seperti tahun yang lalu.

“Cuma kita antisipasi nanti di pintu masuk Pelabuhan karena itu merupakan pintu masuk penonton baik dari luar NTB maupun dari Kabupaten yang lain,” ujarnya.

Sehingga, nantinya akan menempatkan personel di Pelabuhan, untuk memantau arus lalulintas orang, maupun logistic yang nantinya melalui jalur penyeberangan.

“Kemudian yang perlu diantipasi, untuk Polres Lombok Barat itu bahwa kita mengawali dan mengakhiri kegiatan pengamanan. Setelah selesai pun kita amankan kegiatan kepulangan penonton menuju ke Pelabuhan,” jelasnya.

Untuk itu, berdasarkan pengalaman-pengamanan sebelumnya, kini pihaknya lebih siap dalam pengamanan WSBK tahun 2022 ini.

“Kita harapkan kesiapan kita yang lebih siap pada tahun ini, tidak sampai terjadi kemacetan maupun antrean khususnya di Wilayah Pelabuhan, seperti pelaksanaan MotoGP sebelumnya,” harapnya.

Sehingga dari pengamalaman pengamanan sebelumnya, Polres Lombok Barat terus melakukan pembenahan dan perbaikan-perbaikan mengenai Pola Pengamanan.

“Nanti harapan kita tidak terjadi kemacetan lagi, sehingga kita tingkatkan lagi koordinasi dengan pihak ASDP. Keterkaitan dengan system ticketing kapal, agar tidak terjadi penumpukan antrean kendaraan amaupun orang di Pelabuhan Lembar,” pungkasnya.

Sedangkan untuk kesiapan personel pengamanan WSBK, sesuai dengan permintaan Polda NTB, Polres Lombok Barat telah menyiapkan sebangak 135 personel.

“Kita telah menyiapkan 135 personel, dengan perincian 10 personel kita kirim untuk Bawah Kendali Operasi (BKO) ke Polres Lombok Tengah. Sedangkan 125 personel itu nanti kita tugaskan di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.