by

Tanam 11 Ribu Bibit Pohon Di Lahan Seluas 25 Hektar, Babinsa Mareje Timur Bersama Ketua Poktan Bina Warga Harap Bisa Bermanfaat

Lombok Barat, NTB – Dalam mewujudkan wilayah binaan hijau dan bermanfaat, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Mareje Timur laksanakan penanaman bibit buah bersama Kelompok Tani (Poktan) di Dusun Pelah, Desa Mareje Timur, Kecamatan Lembar, Lombok Barat, Rabu (26/10/2022).

Sebelum menanam bibit pohon, Poktan yang menjadi sasaran kegiatan di berikan penyuluhan terlebih dahulu untuk memastikan bibit apa saja yang cocok di tanam di lahan tersebut.

Dalam hal ini Babinsa Mareje Timur Serda Hakimin menyampaikan, “betapa pentingnya melaksanakan penghijauan lingkungan, terlebih di kondisi pemanasan global saat ini. Selain itu, ia juga menjelaskan bagaimana cara menanam bibit pohon yang baik dengan menyesuaikan kondisi tanah serta lingkungan,” ucapnya.

“Dusun Pelah ini berada di wilayah dataran perbukitan dan memiliki kondisi tanah yang sangat mendukung untuk ditanami bibit pohon buah-buahan, termasuk bibit pohon yang akan di tanam dalam kegiatan ini, yakni Kelengkeng, Matoa, Alpukat dan lainnya,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, “Bersama Poktan Bina Warga yang mengelola lahan seluas 25 hektar, nantinya jumlah pohon yang akan di tanam 11 ribu berasal dari bantuan Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Pelangan dengan bantuan masyarakat dan anggota Poktan,” ujarnya.

Muhammadun Ketua Poktan Bina Warga menyampaikan, “Kegiatan penanaman bibit pohon ini di harapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan Desa Mareje Timur, terutama pada wilayah Dusun Pelah. Selain untuk manfaat penghijauan alam, di harapkan setelah bibit pohon tumbuh besar masyarakat dapat memanfaatkan buah-buahan yang di hasilkan oleh setiap pohon,” harapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.