by

Ikut Jemur Biji Kakao Salah Satu Cara Babinsa Koramil 1606-08 Bantu Petani Tingkatkan Produksi, Kualitas dan Kuantitas Biji Kakao

Lombok Barat, NTB – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Narmada, Kodim 1606/Mataram Membantu salah satu masyarakat binaannya dalam menjemur Kakao/Biji Coklat di Dusun Lembah Sempaga, Desa Lembah Sempaga, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Senin (3/10/2022).

Kegiatan tersebut di lakukan Babinsa dalam melaksanakan anjangsana ke ibu rohmi salah satu masyarakat binaan yang keseharianya sebagai petani kakao. Kakao merupakan salah satu hasil perkebuan yang ada di Desa Lembah Sempaga, sebagian besar masyarakat tersebut membudidyakan tanaman Kakao dalam membantu peningkatan perekonomian keluarga.

Dalam kesempatan tersebut Serda Fikri kumarhadi menyampaikan, “kegiatan ini kita lakukan sebagai wujud pendampingan Babinsa kepada para petani yang ada di wilayah desa binaan, termasuk salah satunya dengan membantu dalam proses penjemuran biji kakao hasil panen dari kebun milik Ibu Rohmi,” ujarnya.

“Pendampingan pada petani terus kita lakukan sebagai bentuk peran aktif aparat kewilayahan dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat binaan, Babinsa berharap para petani khususnya Ibu Rohmi tetap meningkatkan produktivitas tanaman kakao, di mana nilai jual kakao yang tetap stabil sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar,” tegasnya.

Sementara, Danramil 1606-08/Narmada Kapten Inf Jendra Joly Tampamawa mengatakan, “Pihaknya terus mendukung petani dalam meningkatkan produksi baik secara kwalitas dan kuantitas dengan tetap memantau setiap kegiatan di kewiliayahan oleh Babinsa,” ujarnya.

“Dengan pendampingan yang dilakukan Babinsa di harapkan bisa meningkatkan produksi di bidang pertanian maupun perkebunan. Pelaksanaan pendampingan itu sendiri mulai dari penyiapan lahan, proses tanam, masa rawat dan panen,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.