by

Jaga Situasi Kamtibmas Pesisir dan Perairan, Sat Polairud Polres Lobar Tingkatkan Kegiatan Polmas

Lombok Barat, NTB – Satpolairud Polres Lombok Barat melakukan berbagai langkah preventif, dalam rangka menjaga Situasi Kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat tetap kondusif. Terutama terkait dengan Kawasan pesisir dan perairan yang ada di Wilayahnya.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat, Iptu L. M. Ikhsan mengatakan kegiatan preventif melalui sambang, dan patroli pesisir, Sabtu (1/10/2022).

“Sekaligus memonitor dan mencegah terjadinya kecelakaan laut, ilegal fishing, dan ilegal logging,” ungkapnya.

Kegiatan pertama dari anggota jaga Kapal 2002, Kapal 1007 dan Kapal 2003,  melaksanakan Patroli dialogis di seputaran pelabuhan barat pelindo lll lembar.

“Antisipasi aksi kriminalitas serta premanisme, serta menghimbau kepada para buruh dan pengguna jasa pelayaran dan pelabuhan serta Masyarakat setempat. Mengingatkan agar selalu menjaga keselamatan kerja, serta menjaga Kamtibmas Pelabuhan,” ungkapnya.

Kemudian melanjutkannya dengan melaksanakan kegiatan polmas kepada pengunjung pantai cemara kupu-kupu.

“Menghimbau agar pada saat beraktivitas selalu berhati-hati karena cuaca yaitu angin dan gelombang saat ini tidak menentu,” pungkasnya.

Untuk situasi Perairan Lembar dan sekitarnya terpantau landai, cuaca mendung Kecepatan Angin 5 – 7 Knot, Ketinggian Gelombang Landai dan Keadaan Air Laut surut.

Pada lokasi lainnya, anggota jaga Kapal 1008 dan Rubber Boat melaksanakan Patroli Dialogis diseputaran Pantai Senggigi.

“Sasarannya kuarng lebih sama, antisipasi aksi kejahatan seperti pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan, dan pencurian kendaraan bermotor. Menghimbau kepada Pengunjung  Pantai Senggigi agar berhati-hati saat berenang,” ujarnya.

Menurutnya, karena cuaca dan arus laut di Senggigi tidak menentu, sehingga agar tetap wasapada dan selalu memperhatikan keselamatan.

Lalu melaksanakan kegiatan pengamanan bongkar muat kapal Eka jaya 23 dari pelabuhan Senggigi menuju pelabuhan Padang bai.

“Memuat penumpang 76 orang, di antaranya WNI 40 orang dan WNA 36 orang dan kegiatan berjalan aman, tertib dan lancar,” tandasnya.

Sedangkan situasi Perairan Senggigi dan sekitarnya terpantau landai, cuaca cerah, Kecepatan Angin 5 – 7 Knot, Gelombang Pinggir Pantai Landai dan Arus Laut saat ini sedang surut.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.