by

Babinsa Mareje Bersama Penyuluh Peternakan Dinas Pertanian Lobar Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan

Lombok Barat, NTB – Memasuki musim kemarau beberapa peternak mulai kesulitan mendaptkan pakan untuk hewan ternaknya. Dalam ini Babinsa Mareje Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-04/Gerung bersama penyuluh peternakan Dinas Pertanian Lombok Barat (Lobar) laksanakan pelatihan penggunaan alat pembuat pakan ternak di Aula Kantor Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lobar, Selasa (27/9/2022).

Serda M. burhanudin Babinsa Mareje menjelaskan, “bersama petugas Dinas Pertanian Lobar, kami Babinsa di minta mengumpulkan masyarakat yang memiliki hewan ternak untuk di berikan pelatihan pembutan pakan ternak dari program ketahanan pangan Dana Desa (DD) Tahun 2022,” jelasnya.

“ini kita lakukan dalam optimalisasi sumber pakan lokal guna menggantisipasi pakan ternak yang suah memasuki musim kemarau di wilayah Desa Mareje dan sekitarnya,” tambahnya.

Salah satu penyulug peternakan Dinas Pertanian Lobar menyampaikan, “program ketahanan pangan dalam mejaga pakan hewan ternak di Desa Mareje bersumber dari DD Tahun 2022, yang kitaketahui bersama bahwa Sebagian besar masyarakat Mareje adalah seorang Peternak Sapi,” tuturnya.

Ia juga menghimbau, “musim kemarau sudah mulai terasa, dengan mengeringnya sebagian rerumputan yang biasanya hewan seperti sampi dan kambing di lepas liarkan untuk mencari makan sendiri sekarang tidak bisa lagi di lakukan. Untuk itu kami mengajak kelompok peternak untuk belajar mengolah pakan ternak dengan menggunakan mesin yang di berikan oleh Dinas Pertanian dengan harapan keresahan masyarakat dalam memenuhi pakan ternak ter atasi,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.