by

Petugas Terus Beri Pemahaman Kepada Peternak, Terkait Pentingnya Vaksin PMK di Desa Batu Putih Sekotong

Lombok Barat, NTB – Dalam pelaksanaan Vaksin PMK di Desa Batu Putih Sekotong, petugas terus beri pemahaman kepada peternak akan pentingnya vaksinasi ini, Senin (8/8/2022).

Kapolsek Sekotong Iptu I Kadek Sumerta, SH mengatakan, selaku pelaksana melibatkan personel Polsek Sekotong bersama Tim Keswan Kecamatan Sekotong.

“Pelaksanaan hari ini merupakan vaksin PMK dosis kedua, terhadap 130 ekor hewan ternak sapi di dua dusun, angtara lain Dusun Siung, Dusun Berambang Desa Batu putih,” ungkapnya

Menggunakan jenis vaksin Aftopor, di Dusun suing menyuntikan Dosis 2 terhadap 37 ekor sapi, terdiri dari Jantan sebanyak 7 ekor dan betina sebanyak 30 ekor.

Sedangkan di Dusun Berambang Desa Batu putih menyuntikan vaksin Dosis 2 terhadap 97 ekor sapi, terdiri dari jantan sebanyak 10 ekor dan betina sebanyak 87 ekor.

“Kita juga terus memberikan pemahaman kepada peternak, sebagai upaya dalam mengantisipasi berkembangnya issu ataupun pemahaman yang salah. Kepada para warga peternak sapi terkait penyakit PMK,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, pihak medis Keswan yang mendapat pendampingan dari Kanit Samapta bersama Bhabinkamtibmas memberikan imbauan kepada pemilik hewan ternak. Agar tidak terpengaruh dengan issu issu yang tidak bisa bertanggungjawab.

“Bila menemukan sesuai ciri-ciri penyakit PMK maupun  informasi terkait sapi mati akibat vaksin, agar melaporkan segera kepada tim medis Veteriner. Atau relawan Keswan yang ada di Desa masing-masing atau Bhabinkamtibmas,” imbaunya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.