Binkam  

Karena Lalainya Rumah Warga Baturakit Bayan di Lalap Sijago Merah

Lombok Utara – Polda NTB, telah terjadi kebakaran rumah warga di Dusun Baturakit Desa Baturakit Kecamatan Bayan KLU, Jumat 21/7/2023.

Sehubungan dengan adanya informasi dari masyarakat Anggota Polsek Bayan melakukan cek Tempat Kejadian Perkara kebakaran rumah milik warga yang bernama NURTINI yang beralamatkan di Dusun Batu Rakit Desa Batu Rakit Kecamatan Bayan KLU.

Kapolres Lombok Utara AKBP Didik Putra Kuncoro S.I.K M.Si melalui Kapolsek Bayan Iptu Sugi Jaya SH menyampaikan kepada awak media di tempat terpisah tentang kronologis kejadian kebakaran tersebut Personel Polsek Bayan mengetahui kejadian tersebut atas informasi dari warga sekitar pukul 14.55 wita, bahwa telah terjadinya kebakaran rumah warga yang bernama NURTINI yang beralamat Dusun Batu Rakit Desa Batu Rakit Kecamatan Bayan KLU

Sehubungan dengan informasi tersebut Personel Polsek Bayan langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara sambil melakukan kordinasi via telephone ke pos Pemadam Kebakaran zona Bayan sehingga Unit Damkar Bayan berangkat menuju TKP kebakran dengan membawa unit mobil tangki yang berisi air full.

Dan setibanya di TKP pukul 15.40 wita anggota Polsek Bayan bersama unit Damkar Bayan telah tiba di lokasi TKP dan langsung melaksanakan pemadaman api rumah warga yang bernama NURTINI.

Dimana pada saat sampai di lokasi keadaan jenis rumah tersebut yang terbakar adalah rumah permanen yang terbuat dari tembok beton yang berantakan sing pegangan kayu dan dapur menggunakn bedek.

 

Di duga rumah pada saat terjadinya kebakaran dalam keadaan sepi namun tungku kompor masih dalam keadaan menyala, sehingga terjadi kebakaran.

 

Dalam penangannya tersebut tim Damkar Bayan melakukan pemadaman di TKP tidak ada kendala sehingga api dengan mudah dipadamkan.

Dan kejadian ini terjadi akibat kelalaian dari korban pemilik rumah, yang tidak melakukan pengecekan di saat meninggalkan rumah sehingga pengakibatkan kebakaran.

Sugijaya menghimbau kepada para Bhabinkamtibmas untuk sesering mungkin menghimbau warganya untuk melakukan sosialisai saat meninggalkan rumah selalu mengecek kompor maupun tungku guna mengantisipasi hal – hal yang tidak kita inginkan.

Di samping itu juga Sugijaya mengajak warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan mengingat cuaca kahir – qkhir ini agak ekstrim akibat cuaca panas dan angin kencang yang sangat mudah meluasnya api jika terjadi pembakaran lahan dan hutan dan jika hal tersebut di lakukan maka ada ancaman pidananya.tutup Sugijaya.