Antisipasi DBD, Danpos Lingsar Dampingi Petugas Kesehatan Laksanakan Fogging di Dusun Bantek dan Dusun Nunjet Desa Gegelang

Lombok Barat, NTB – Mengantisipasi terjadinya Demam Berdarah Dengue (DBD) dengen mengingat intensitas cuaca yang tidak menentu, Komandan Pos (Danpos Lingsar) mendampingi UPT BLUD Puskesmas Lingsar  dalam melaksanakan Fogging Nyamuk DBD di Dusun Bantek dan Dusun Nunjet Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat (Lobar), Minggu (27/11/2022).

Dandpos Lingsar Pelda Budhi Sujarwo yang mendampingi Kepala Desa (Kades) Gegelang H. Husnu Muktar, bersama Kepala Puskesmas (Kapus) Lingsar Mujahid Fitriadi, SKM, M.Si., dan di ikuti oleh Sekdes Gegelang Azmi Aryanto, S.Pd., Koordinator dari Dinas Kesehatan Lobar Ahyar Rosidi, Tenaga Kesehatan Puskesmas Lingsar, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Gegelang Sertu Muliawan Taufik, Kepala Dusun (Kadus) Bantek dan Kadus Nunjet.

H. Husnu Muktar menyampaikan, “Pelaksanaan Fogging DBD di Dusun Bantek dan Dusun Nunjet ini merupakan salah satu cara melindungi masyarakat kami, mengingat intensitas hujan dan cuaca yang tidak menentu mengakibatkan banyaknya genangan air yang menjadi lokasi sarang dan tempatnya bertelur beberapa jenis nyamuk,” jelasnya.

“untuk itu, kami bersama Kapus Lingsar, Danpos Lingsar dan Babinsa Gegegelang berinisiatif melaksanakan Fogging dalam mencegah perkembang biakan nyamuk DBD ini. Fogging DBD tidak hanya di laksanakan di Susun Bantek dan Dusun Nunjet namun akan kita lakukan di dusun-dusun lainnya yang ada di wilayah Desa Gegelang,” terangnya.

Mujahid Fitriadi, SKM, M.Si., Kapus Lingsar menjelaskan, “Kegiatan yang di laksanakan ini perlu kita apresiasi dan ini terjadi berkat koordinasi yang baik antara Instansi terkait, semua kita lakukan untuk memutus jaring penyebaran wabah penyakit DBD,” tegasnya.

Danpos Lingsar Pelda Budhi Sujarwo yang ikut turun dalam pelaksanaan Fogging tersebut menghimbau, “selain fogging nyamuk DBD, kami berharap agar masyarakat yang ada di Dusun Bantek dan usun Nunjet serta  dusun-dusun lainnya supaya tetap jaga kesehatan dengan menjalankan pola hidup sehat dan pola makan yang teratu,” harapnya.

“serta makan makanan yang bergizi serta jaga kebersihan lingkungan, dengan menerapkan dan menjalankan 3 M yaitu Menguras, Menutup dan Menimbun, sehingga Nyamuk DBD tidak bisa berkembang biak dan menyebarkan penyakit DBD,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *